MoM: Hasil Meeting Perdana




Assalamu'alaikum.wr.wb,

Kami dari kelompok Azharianz, yang terdiri dari:
1. Okta
2. Hani
3. Adam
4. Rafi
5. Elijah

untuk mata kuliah PPL (Proyek Perangkat Lunak) kami memutuskan untuk melanjutkan proyek terdahulu kelompok lain yang belum selesai, yaitu sistem booking ruangan lab. 

Channel-channel yang akan aktif kami gunakan adalah sebagai berikut:
Trello: https://trello.com/azharianz/home
Gitlab: https://gitlab.com/haniwww/azharianz
dan blog ini: (https://bookinglab.blogspot.com), yang akan kami sekelompok kelola bersama.


Catatan yang harus diperhatikan dalam merancang sistemnya:

- Buat yang simpel, duplikasi sistem Skedda aja dulu
- Gunakan API Calendar saja
- Jadikan sistem booking ruangan dan seat berbeda, hanya sama di sistem login (lihat referensi yang dikasih mas Denny)
-  T&C booking ruangan dan seat dimasukkan: booking ruangan pasti harus diprioritaskan
- Begitu login, user harus pilih "Individual" atau "Ruangan" lalu diarahkan ke sistem yang berbeda tapi share session supaya tidak harus login lagi
- Buat layout yang akurat (sesuai kondisi riil di lab IF UAI)
- Bikin sistem otorisasi dimana hanya admin prodi (kaprodi, sekprodi, staff) yang bisa approve booking ruangan, sedangkan admin mahasiswa hanya bisa approve seat
- Form peminjaman, untuk perorangan hanya butuh: jam selesai dan tujuan. Sedangkan untuk sewa kelompok, butuh tambahan info: alat dan notes
- Error message: Tidak boleh ada jadwal bentrok atau user yang book di waktu yang sama
- Membuat email pemberitahuan ke admin bahwa ada permintaan booking (booking approval)
- Membuat email pemberitahuan ke user tentang status booking-nya
- Kalo keburu, buat report penggunana (harian, mingguan, bulanan) -> admin bisa sorting untuk analisis -> terlihat juga persentase-nya.
- perwakilan prodi: kaprodi, sekprodi, staff
- admin prodi berhak untuk approve booking ruangan
- reserve 1 seat bisa di-approve oleh admin mahasiswa
- Admin dan prodi bisa mendapatkan notifikasi dan approve sekaligus untuk semua booking request
- ngecek bentrok (bisa jadi user gak lihat warnanya udah merah) -> buat pencegahan
- tidak ada pendaftaran, karena semua sudah ada di database (harus menggunakan akun IF) -> Google suite (ada API-nya)
- Desainnya bisa juga: di awal pilih individu/grup -> baru dilempar ke kalender

PR:

Bikin sistem otorisasi dimana hanya admin prodi (kaprodi, sekprodi, staff) yang bisa approve booking ruangan, sedangkan admin mahasiswa hanya bisa approve seat.

Comments

Popular posts from this blog

Rafi : Weekly Log 17 Januari 2020

Okta: Update 30 november 2019

Adam : Personal Log Week 9 (17 Januari 2020)